Hidup Itu seperti Bermain Catur

terbacaXYZ
Permainan catur adalah permainan yang mengajak kita untuk berpikir secara cermat karena memerlukan strategi yang tepat agar bisa menang. Tanpa kita sadari, permainan catur sebenarnya mempunyai beberapa makna yang berpengaruh seperti halnya dalam kehidupan. Catur itu seperti kehidupan     ketidakpastian, petualangan, kegembiraan dan mungkin mengecewakan.  

Kenapa kita melakukan gerakan?


Dalam catur, setiap gerakan penting, dan beberapa bisa lebih penting daripada yang lain tergantung pada bagaimana lawan Anda bereaksi atau merespon gerakan Anda. Kita tidak bisa mengendalikan bagaimana lawan kita memilih untuk melakukan langkah mereka selanjutnya, yang bisa kita lakukan adalah mencoba dan bereaksi sebaik mungkin dengan memberikan pilihan kita berdasarkan langkah mereka sebelumnya.

Setiap hari kita semua membuat keputusan     beberapa keputusan kecil, beberapa keputusan yang tidak penting dan seringkali beberapa keputusan besar.

Apakah kita mengambil langkah ini sekarang atau hanya menunggu?
Apakah kita melepaskan ini atau bertahan?
Apakah kita mengatakan ya atau tidak pada kesempatan ini?
Apakah perlu mengambil rute baru atau memainkannya dengan aman?

Ratusan bahkan mungkin ribuan pilihan dan keputusan setiap hari. Beberapa mudah dan beberapa lebih sulit tetapi pada akhirnya, kita punya pilihan yaitu lakukan atau tidak, ya atau tidak, coba atau tidak.

Setiap pilihan, tindakan, dan keputusan yang kita buat memiliki konsekuensi. Beberapa berpotensi positif dan beberapa negatif, beberapa bersifat jangka pendek dan beberapa mungkin membutuhkan waktu untuk membuahkan hasil memuaskan dan seringkali beberapa dapat menjadi bencana.

Hidup tidak akan pernah berhenti memberikan kepada kita tantangan, peluang, opsi, jalan buntu, masalah dan peluang bagi kita untuk berubah, tumbuh, meningkat atau menjadi dewasa atau kembali ke keadaan semula terlepas dari apakah itu berguna atau tidak atau meningkatkan hal-hal dalam hidup atau tidak.

Belakangan kita berharap membuat gerakan yang berbeda?


Terlepas dari pengetahuan, pengalaman, pendidikan, dan kebijaksanaan Anda, Anda tidak akan pernah tahu apa yang menunggu Anda besok apakah Anda siap atau tidak atau bagaimana keputusan, pilihan, dan rencana yang Anda miliki hari ini akan berubah besok. Kita dapat memindahkan bidak catur kita, tetapi kita tidak tahu bagaimana hasil atau respon yang terjadi kemudian, kita hanya harus menunggu dan melihat apa yang terjadi setelahnya.

Berusaha mengakali hidup adalah hal yang bodoh, yang kita harus lakukan adalah membuat langkah terbaik dengan keyakinan, keberanian, dan kebijaksanaan kita. Hidup Anda akan mudah jika Anda selalu membuat keputusan yang tepat. Masalahnya adalah bahwa keputusan atau pilihan yang tepat yang dibuat hari ini di kemudian hari bisa berubah menjadi keputusan yang salah di masa lalu dan mengapa? Ini karena Anda berada dalam "kehidupan".

Apa yang kita pelajari terlepas dari apakah kita menang atau kalah?


Belajar adalah konsep yang menarik ketika Anda memikirkannya. Anda belajar keterampilan, hobi, atau proses baru setelah menghabiskan waktu utnuk mengevaluasi, mempraktikkan, dan mengulangi berbagai taktik hingga Anda menguasainya.
Jadi, kita semua diberi pilihan pembelajaran baru setiap hari dalam hidup kita dan kita dapat memilih untuk mengambil peluang-peluang ini atau menolak atau mengabaikannya. Kita dapat belajar memperbaiki kesalahan masa lalu agar tidak terulang kembali dan membuat hidup kita menjadi lebih baik.
Pada akhirnya, belajar bukanlah akhir dari segalanya, tetapi semata-mata kemauan dan kemampuan untuk kebijaksanaan, sikap dan keterampilan.

Pikirkanlah tentang hal ini     Apakah Anda masih belum belajar dari pengalaman masa lalu? Apakah Anda masih melakukan kesalahan yang sama seperti masa lalu? Apakah Anda masih melakukan gerakan atau keputusan yang sama seperti masa lalu? jika ya, Skakmat!


Load comments

Popular posts from this blog

Fakta Menakjubkan tentang Leopard Gecko (Tokek Macan Tutul)

10 Meme Kocak tentang Programmer